Sejarah Prodi Informatika

Program Studi Pendidikan Informatika merupakan salah satu program studi baru dilingkungan STKIP PGRI  Sumbar. Program Pendidikan Informatika berdiri berdasarkan Surat Keputusan  Direktur Jendral Pendidikan Tinggi 211/E/O/2013, tanggal 22 Mei 2013.

Visi, Misi dan Tujuan Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Informatika adalah menghasilkan lulusan yang menguasai sejumlah kompetensi, yaitu :

  1. Menyiapkan dan menghasilkan lulusan Guru pendidikan informatika yang berkualiatas dan memiliki kompetensi yang tinggi di bidang, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Multimedia.
  2. Menyiapkan dan menghasilkan lulusan yang ahli di bidang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) sebagai analis sistem, membangun dan merancang software aplication dengan metode analisis dan perancangan sistem informasi menggunakan bahasa pemrograman dan didukung oleh teknologi informasi yang terbaru untuk membantu manajemen (user) dalam menyelesaikan masalah industri atau organisasi sesuai dengan perkembangan organisasi pengguna. (Sistem Analis dan Perancang Sistem Informasi yang handal).
  3. Menyiapkan dan menghasilkan lulusan yang menguasai Teknik Komputer Jaringan (TKJ)serta terampil mengelola dan menginstalasi perangkat komputer personal, sistem operasi,  aplikasi,  mengkonfigurasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network), perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network) merancang sistem keamanan jaringan, mengadministrasi jaringan berbasis luas pada suatu industri atau organisasi pengguna. (Administrator server terintegrasi yang profesional).
  4. Menyiapkan dan menghasilkan lulusan yang ahli dan  kompeten di bidang multimedia mulai dari media audio, video, teks, grafk, dan animasi, analisa konsep pengembangan desain, desain multimedia, manajemen produksi multimedia sebagai animator, web designer, videographer, art director, photographer, storyboarder, dan digital illustrator yang dapat melayani kebutuhan industri  atau organisasi pengguna. (Animator, desainer grafis dan digital ilustrator yang kompetitif).
  5. Memiliki kemampuan sebagai enterpreneurship, instruktur pada lembaga non formal yang profesional dibidang pendidikan informatika dan memiliki pengetahuan dasar dan ketrampilan dalam menggunakan berbagai perangkat lunak  (software) dan perangkat keras (hardware)  di bidang sistem informasi, komitmen yang tinggi terhadap disiplin dan etika profesi serta kemadirian sebagai tenaga ahli dan pelayanan jasa konsultasi dibidang informatika.

Minat dan Animo Lulusan SLTA yang ingin melanjutkan ke Program Studi Pendidikan Informatika sampai saat ini cukup banyak. Pada awalnya tahun ajaran 2013/2014 Program Studi Pendidikan Informatika menerima mahasiswa baru sebanyak 81 orang dengan jumlah peserta ikut tes sebanyak 110 orang calon mahasiswa (Lulus tes 73, 6 %). Setahun berikutnya pada tahun ajaran 2014/2015 dari 120 orang peserta calon yang mendaftar dan diterima sebanyak 94 orang mahasiswa baru (Lulus 78,3 %).  Terjadi kenaikan penerimaan mahasiswa 4,7 %. Pada tahun ajaran 2015/2016 dari 114 peserta lulus seleksi 64 orang (56,14%).

Pada saat ini tengah mendidik 202 orang mahasiswa yang terbagi dalam tiga tahun angkatan yaitu angkatan tahun 2013 sebanyak 60 orang  dan angkatan tahun 2014 sebanyak 79 orang.  Angkatan tahun 2015/2016 sebanyak 63 mahasiswa

Tenaga Dosen Program Studi Pendidikan Informatika secara kualitas cukup memadai, karena mereka berasal dari disiplin ilmu yang relevan, yang berasal dari stakeholder dengan bidang ilmu kependidikan dan Sistem Informasi. Secara kuantitas jumlah dosen sudah memadai dan sesuai dengan ratio yaitu 1 : 25, dari 8 dosen tetap yayasan.

Jabatan dosen : 1 orang dosen yang memiliki jabatan fungsional Lektor Kepala, 1 orang dosen jabatan fungsional Lektor, 5 orang dosen Asisten Ahli, 1 orang masih dalam tahap pengusulan fungsional. Sedangkan yang sudah sertifikasi profesional dosen sebanyak 4 orang dosen. Dosen Program Studi semuanya sudah  berkualifikasi S2 yaitu : Ir. Hj. Nurmi, M. Kom, Thomson Mary, M. Kom, Regina Ade Darman, M.Pd, Yusran, M.Kom, Ade Pratama, M.Kom, Heri Mulyono, S.Kom, M.Pd, Adlia Alfiriani, M. Pd, Ellbert Hutabri, M.Kom.

Fasilitas Pembelajaran cukup memadai yaitu dua ruang kelas, 1 Labor Komputer Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dengan kapasitas 39 Unit Komputer, 1 Layar LCD, dan 1 Unit LCD Proyektor, 1 labor komputer Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dengan kapasitas 10 unit komputer, 1 Layar LCD dan 1 unit LCD Proyektor, 1 Labor komputer Multimedia dengan kapasitas 39 unit komputer, 1 layar LCD dan 1 unit LCD Proyektor, 1 ruang baca dengan koleksi buku sebanyak  405 judul buku dengan 410 eksemplar, serta media pembelajaran lainnya seperti LCD Projector 2 unit pada Program Studi yang dapat dimanfaatkan oleh para dosen dalam kegiatan proses pembelajaran. Selain itu juga Program Studi Pendidikan Informatika telah mengadakan kerjasama dengan 10 instansi pemerintah daerah, 1 SMK Negeri  dan 1 instansi swasta dalam upaya pengembangan pendidikan dan Teknologi Informasi di kota Padang khususnya dan di provinsi Sumatera Barat pada umumnya.

Pendanaan Program studi Pendidikan Informatika diperoleh dari SPP, Pelatihan Komputer, Uang Perpustakaan, Uang Pengembangan, Hibah (Beasiswa),dan kerjasama dengan pihak lain seperti bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat, Bank Swasta dan Pemerintah di wilayah Sumatera Barat.

Suasana Akademik diciptakan sekondusif mungkin dengan cara melibatkan mahasiswa  dan  dosen dalam penyelenggaraan seminar  dan diskusi, baik di tingkat lokal maupun nasional; selain itu juga hubungan mahasiswa dan dosen tidak hanya dilakukan di dalam ruang kelas, tetapi dosen juga memberikan arahan dan bimbingan yang berhubungan dengan akademik bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran.

Sistem jaminan mutu Program studi Pendidikan Informatika dilakukan dengan mengadakan check and recheck baik terhadap proses pembelajaran maupun kemahasiswaan. Sistem check and recheck salah satunya dilakukan dengan membagikan angket dalambentuk quesioner kepada mahasiswa.