Sistem Akademik Program Studi Pendidikan Informatika: Kontrak Perkuliahan

SURAT EDARAN KONTRAK PERKULIAHAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN INFORMATIKA
STKIP PGRI SUMATERA BARAT
No. 001/A.1.INF/STKIP-PGRI-SB/I/2016

1. Keterlambatan dosen dan mahasiswa lebih kurang 15 menit dalam setiap pelaksaan proses pembelajaran.
2. Jika keterlambatan dosen lebih dari 15 menit, tanpa ada berita/informasi dari dosen yang bersangkutan kepada Dosen Piket, maka mahasiswa diperbolehkan pulang dan proses pembelajaran dibatalkan pada hari yang bersangkutan.
3. Jika keterlambatan mahasiswa lebih dari 15 menit, maka mahasiswa yang bersangkutan dibolehkan mengikuti proses pembelajaran tetapi daftar hadir tidak boleh ditandatangani.
4. Dosen pengampu matakuliah mengecek kehadiran mahasiswa melalui “Daftar Hadir Perkuliahan” pada saat 15 menit diawal pelaksanaan proses pembelajaran.
5. Daftar Hadir Perkuliahan harus dicentang oleh dosen pengampu matakuliah bagi mahasiswa yang hadir dan menyilang bagi mahasiswa yang tidak hadir, sebelum mahasiswa menandatanganinya.
6. Daftar hadir yang sudah disilang oleh dosen pengampu matakuliah, tidak boleh dimanipulasi atau ditandatangani oleh mahasiswa yang bersangkutan.
7. Di awal pertemuan perkuliahan dosen harus memberikan sinopsis matakuliah, RPS, Rancangan Tugas, sesuai dengan kurikulum yang berlaku pada Program Studi Pendidikan Informatika, yang menggambarkan materi perkuliahan selama 16 kali pertemuan.
8. Selama proses pembelajaran, mahasiswa laki-laki tidak boleh memakai  kaus oblong, sandal,  rambut panjang,  rambut dicat warna warni, pakai celana jeans atau levis, pakai anting dan kalung. Sedangkan bagi mahasiswa perempuan tidak boleh berdadan dan berhias yang tidak pada tempatnya, rambut dicat warna warni, memakai baju transparan, memakai baju ketat dan memakai baju atau rok di atas lutut.
9. Selama perkuliahan HP tidak diperkenankan berbunyi.
10. Penyerahan tugas kepada dosen harus tepat waktu.
11. Bagi mahasiswa yang mengerjakan tugas copy paste, maka keduanya tidak dinilai.
12. Perkuliahan dilaksanakan 16 x pertemuan temasuk Ujian Tengah Semester.
13. Nilai dapat diproses apabila jumlah kehadiran mahasiswa minimal 75 % atau Nilai dapat diproses apabila jumlah ketidakhadiran mahasiwa maksimal 4 x termasuk, Alfa,  Izin dan Sakit.
14. Prosentase Nilai Akhir dihitung dengan rumus sebagai berikut:
Nilai Akhir (NA) = 55 % Tugas (30 % Hard Skill + 25 % Soft Skill)  +
20 % UTS (10 % Hard Skill + 10 % Soft Skill) +
25 % UAS (15 % Hard Skill + 10 % Soft Skill),  atau

NA = 55% Tugas + 20% UTS + 25 % UAS
Kriteria Nilai adalah sebagai berikut :
Jika Nilai NA >= 81, maka Nilai Huruf = A
Jika Nilai NA 66 – 80, maka Nilai Huruf = B
Jika Nilai NA 56 – 65, maka Nilai Huruf =  C
Jika Nilai NA 46 – 55, maka Nilai Huruf = D
Jika Nilai NA < 46, maka Nilai Huruf = E

15. Selama proses ujian berlangsung bagi mahasiswa yang melihat jimat atau bekerja sama melakukan kecurangan maka otomatis nilai matakuliah yang bersangkutan E.
16. Nilai yang sudah diumumkan pada Portal SIT STKIP PGRI Sumbar, tidak dapat diganggu gugat kepada dosen yang bersangkutan, kecuali untuk nilai BL yang masih dalam batas proses pengurusan.
17. Jika batas proses pengurusan nilai BL sudah berakhir, artinya nilai BL tersebut belum diurus oleh mahasiswa yang bersangkutan pada batas yang sudah ditentukan, maka secara otomatis nilai BL menjadi Nilai E.
18. Penentuan kuliah pengganti ditetapkan saat pertemuan dengan memusyarahkannya di dalam kelas dengan mahasiswa.

Padang, 17 Januari 2015
Ketua Program Studi Pendidikan Informatika

Ir. Hj. Nurmi, M.Kom