SOP Program Studi Pendidikan Informatika: Proses Pembelajaran

SOP PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN INFORMATIKA
NO. 0089/A.1.INF/STKIP-PGRI-SB/XII/2015

1. Penjadwalan penggunaan ruang kuliah untuk perkuliahan diatur dan dikoordinasikan oleh Sekretaris Program Studi Pendidikan Informatika.
2. Jumlah tatap muka perkuliahan sebanyak 16 kali pertemuan.
3. Lama perkuliahan untuk setiap tatap muka disesuaikan dengan jumlah SKS dari mata kuliah tersebut 1 SKS = 50 Menit.
4. Dosen Pengampu telah menyiapkan Silabus, RPKPS dan draft Kontrak Kuliah, Handout dan Buku Teks Ajar sebelum masa perkuliahan dimulai.
5. Dosen Pengampu dan mahasiswa yang melakukan perkuliahan harus mengikuti pedoman dan prosedur penggunaan ruang kuliah.
6. Prosedur Perkuliahan:
a. Dosen Pengampu hadir 10 menit sebelum perkuliahan dimulai.
b. Pada awal masa perkuliahan Dosen Pengampu menjelaskan Silabus dan RPKPS mata kuliah serta menetapkan kontrak kuliah yang diatur dan disepakati bersama oleh mahasiswa dan Dosen Pengampu.
c. Proses perkuliahan dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan, sesuai dengan ketentuan pada kontrak kuliah yang telah diatur dan disepakati oleh mahasiswa dan Dosen Pengampu di awal perkuliahan.
d. Pada setiap pertemuan mahasiswa wajib menandatangani daftar hadir (absensi) dan harus dicentang oleh dosen pengampu.
e. Dosen Pengampu wajib menuliskan materi yang sudah diberikan dan jumlah total mahasiswa yang hadir dalam perkuliahan tersebut pada Rekam Perkuliahan
f. Dosen Pengampu memberikan dan mengembalikan seluruh tugas-tugas yang diberikan (tugas, quiz, UTS dan UAS) dengan memberikan nilai.
g. Pada akhir masa perkuliahan, Dosen Pengampu memberikan Ujian Akhir Semester (UAS) kepada mahasiswa yang berhak mengikuti UAS (kehadiran tidak kurang dari 75%) yang jadwal pelaksanaannya diatur oleh Sekretaris Program Studi.
h. Dosen Pengampu memeriksa dan mengembalikan hasil UTS dan UAS mahasiswa dengan memberikan nilai, dengan mengisi “Berita Acara Penyerahan Lembar Jawaban”.
i. Dosen Pengampu merekap nilai mata kuliah dan menyerahkan nilai akhir ke Sekretaris Program Studi paling lambat 1 minggu setelah pelaksanaan UAS mata kuliah yang bersangkutan.

Padang, 16 Desember 2015
Ketua Program Studi P. Informatika,

 

Ir. Hj. Nurmi, M.Kom