Visi Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi Pendidikan Informatika

Gedung E, STKIP PGRI Sumatera Barat
Gedung E, STKIP PGRI Sumatera Barat

Visi

“Menjadi program studi unggul di bidang Keguruan dan Pendidikan informatika dan kompetitif di wilayah Sumatera Tahun 2026”.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis kepada pengembanagn kecerdasan intelektual (hard skills) dan kecerdasan emosional (soft skills) untuk memeperoleh kecakapan hidup (life skills).
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian di bidang pendidikan informatika dan bidang lain sesuai dengan keilmuan program studi pendidikan informatika.
  3. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi untuk menghasilkan inovasi dibidang pendidikan informatika yang dilandasi profesionalisme.
  4. Menyelenggarakan program studi yang akuntabel, efesiensi, efektif, transparan dan mandiri.
  5. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga/instansi terkait dan stakeholders untuk keberlanjutan pelaksanaan program studi pendidikan informatika.

Tujuan Program Studi Pendidikan Informatika:

  1. Menghasilkan guru TIK profesional yang sesuai dengan kebutuhan stakeholders (pengguna lulusan) dan sesuai dengan tuntutan kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dibidang pendidikan informatika dan bidang lain sesuai dengan keilmuan program studi pendidikan informatika.
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEK bidang pendidikan informatika dan informatika untuk mendukung pembangunan masyarakat madani (civil society) yang demokratis dan berperan sebagai kekuatan moral yang mandiri untuk mencapai tujuan pembangunan bangsa dibidang ilmu komputer (informatika).
  4. Mencapai keunggulan kompetitif dan koperatif program studi pendidikan informatika melalui penerapan prinsip pengelolaan sumber daya sesuai dengan azas pengelolaan yang profesional.
  5. Memperluas dan meningkatkan jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga/instansi terkait dan stakeholders untuk keberlanjutan pelaksanaan program studi pendidikan informatika.

Sasaran Program Studi Informatika:

Meningkatkan proses pendidikan berkualitas untuk setiap bidang keilmuan melalui strategi yang mengedepankan penerapan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dan layanan informasi akademik kepada pengguna jasa

  1. Memperkuat program penelitian inovatif yang bernilai guna dan berhasil guna sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat dan  dunia Informatika.
  2. Meningkatkan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilandasi semangat kepedulian  dan komitmen terhadap pencarian alternatif solusi untuk berbagai permasalahan dan  kebutuhan masyarakat.

Lokasi kampus pendidikan informatika STKIP PGRI Sumbar: