Visi Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi Pendidikan Informatika

a. Visi
Menjadi program studi unggul di bidang Keguruan dan Pendidikan Informatika dan kompetitif di wilayah Sumatera Tahun 2026

b. Misi
1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis kepada  pengembanagan kecerdasan intelektual (hard skills) dan kecerdasan emosional (soft skills) untuk memperoleh kecakapan hidup (life skills).
2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian di bidang pendidikan informatika dan bidang lain sesuai dengan keilmuan program studi pendidikan informatika.
3. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi untuk menghasilkan inovasi dibidang Pendidikan Informatika yang dilandasi profesionalisme.
4. Menyelenggarakan program studi yang akuntabel, efesiensi, efektif, transparan dan mandiri.
5. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga/instansi terkait dan stakeholders untuk keberlanjutan pelaksanaan Program Studi Pendidikan Informatika.

c. Tujuan
Berdasarkan Visi dan Misi, maka tujuan Program Studi Pendidikan Informatika adalah :
1) Menghasilkan guru TIK profesional yang sesuai dengan kebutuhan stakeholders (pengguna lulusan) dan sesuai dengan tuntutan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
2) Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dibidang Pendidikan Informatika dan bidang lain sesuai dengan keilmuan Program Studi Pendidikan Informatika
3) Mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEK bidang Pendidikan Informatika dan informatika untuk mendukung pembangunan masyarakat madani (civil society) yang demokratis dan berperan sebagai kekuatan moral yang mandiri untuk mencapai tujuan pembangunan bangsa dibidang ilmu komputer (informatika).
4) Mencapai keunggulan kompetitif dan koperatif Program Studi Pendidikan Informatika melalui penerapan prinsip pengelolaan sumber daya sesuai dengan azas pengelolaan yang profesional
5) Memperluas dan meningkatkan jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga/instansi terkait dan stakeholders untuk keberlanjutan pelaksanaan Program Studi Pendidikan Informatika.

d. Sasaran
Sasaran Program Studi Pendidikan Informatika yang diharapkan adalah sarjana Program Studi Pendidikan Informatika yang :
1) Memahami peran Guru TIK, serta memiliki integritas dan etika profesional.
2) Mampu bekerja secara produktif, secara individu ataupun di dalam suatu tim.
3) Memiliki kemampuan komunikasi yang baik secara lisan dan tertulis
4) Memiliki pengetahuan dasar komputer yang kuat dan kemampuan belajar terus menerus secara mandiri.
5) Memiliki kemampuan bekerja dalam bidang komputer dalam bidang pengembangan software, hardware, ataupun dalam bidang kompetensi yang dipilih, serta mampu merumuskan permasalahan, menganalisis permasalahan serta mengembangkan cara pemecahannya.
6) Sistem Analis Dan Perancang Sistem Informasi yang mampu merencanakan, menganalisis sistem, membangun dan merancang application software dengan metode analisis dan perancangan sistem informasi
7) Administrator server terintegrasi yang mampu merancang sistem keamanan jaringan, mengelola dan mengadministrasi jaringan pada suatu industri atau organisasi pengguna.
8) Animator, Desainer Grafis dan Digital Ilustrator, yang ahli menganalisa konsep pengembangan desain, desain multimedia, manajemen produksi multimedia
9) Memiliki kemampuan untuk menerapkan model kewirausahaan di bidang komputer dan teknologi informasi.

2. Profil Lulusan
Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer mempunyai kualifikasi Sarjana Pendidikan bidang Teknik Informatika dan Komputer yang berkualitas, berkarakter, beriman, bertaqwa, dan mampu mengembangkan jiwa enterpreunership, serta menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran, dan diharapkan dapat bekerja sebagai:
a. Guru SMK bidang keahlian Komputer dan Jaringan, Multimedia, ataupun Rekayasa Perangkat Lunak.
b. Trainer di diklat industri atau lembaga kursus bidang Teknik Informatika dan Komputer.
c. Tenaga IT di perusahaan.
d. Programmer di Software House / Software Development.
e. Tenaga IT Multimedia di perusahaan pertelevisian dan Production House.

3. Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Informatika (LO)
a. Menjadi manusia Indonesia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian, berwibawa, sehingga bisa menjadi teladan bagi peserta didik, mandiri dan bertanggung jawab terhadap perkembangan profesinya, anak didiknya, lingkungan kerjanya, masyarakat dan bangsanya.
b. Kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.
c. Mengembangkan program pembelajaran TIK pada Sekolah Menengah Kejuruan bidang keahlian Teknik Informatika dan Komputer sesuai karakter peserta didik.
d. Merancang program sesuai permintaan pelanggan dengan algoritma yang tepat, struktur data, dan peluang pengembangan program.
e. Merancang jaringan komputer baik dalam skala kecil (LAN) maupun luas (WAN) beserta seluruh kebutuhan keamanan jaringan sesuai kebutuhan pelanggan dan peluang pengembangan jaringan.
f. Menghasilkan media kreatif dalam bentuk media visual baik grafis maupun audio visual sebagai bagian dari desain komunikasi visual.