Visi Misi dan Tujuan Pendidikan Informatika

STKIP PGRI Sumatera Barat


Visi :

“Visi Program Studi Pendidikan Informatika yaitu Menjadi Program Studi Unggul di Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan Informatika yang Kompetitif di Wilayah Sumatera Tahun 2026”


 

Misi :

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis kepada pengembangan kecerdasan intelektual (hard skills) dan kecerdasan emosional (soft skills) untuk memperoleh kecakapan hidup (life skills).
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian di bidang pendidikan informatika dan bidang lain sesuai dengan keilmuan Program Studi Pendidikan Informatika.
  3. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi untuk menghasilkan inovasi dibidang Pendidikan Informatika yang dilandasi profesionalisme.
  4. Menyelenggarakan program studi yang akuntabel, efesiensi, efektif, transparan dan mandiri.
  5. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga/instansi terkait dan stakeholders untuk keberlanjutan pelaksanaan Program Studi Pendidikan Informatika.

 

Tujuan :

  1. Menghasilkan  guru TIK profesional sebagai profil utama lulusan Program Studi Pendidikan Informatika  dan profil tambahan menghasilkan Sistem Analis dan Perancang Sistem Informasi, Administrator Server Terintegrasi dan Animator, Desainer Grafis dan Digital Ilustrator yang handal dan profesional sesuai  dengan kebutuhan stakeholders dan pengguna lulusan sesuai dengan tuntutan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dibidang Pendidikan Informatika dan bidang lain sesuai dengan keilmuan Program Studi Pendidikan Informatika
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEKS bidang Pendidikan Informatika dan informatika untuk mendukung pembangunan masyarakat madani (civil society) yang demokratis dan berperan sebagai kekuatan moral yang mandiri untuk mencapai tujuan pembangunan bangsa dibidang ilmu komputer (informatika).
  4. Mencapai keunggulan kompetitif dan koperatif Program Studi Pendidikan Informatika melalui penerapan prinsip pengelolaan sumber  daya sesuai dengan azas pengelolaan yang profesional
  5. Menjadikan Program Studi Pendidikan Informatika sebagai program studi yang memiliki tata kelola yang baik, sehat dan memiliki daya saing tinggi sehingga mampu memperluas dan meningkatkan jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga/instansi terkait dan stakeholders untuk keberlanjutan pelaksanaan Program Studi Pendidikan Informatika  yang cerdas dan mandiri

 

Sasaran  :

  1. Memiliki kurikulum yang selaras dengan KKNI dan perangkat kurikulum (Silabus, RPS, Kontrak Kuliah dan Bahan Ajar) yang standar sebagai dasar pelaksanaan proses pembelajaran.
  2. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan
  3. Meningkatnya profesionalisme dosen dan tenaga kependidikan di Program Studi Pendidikan Informatika.
  4. Meningkatnya Kualitas lulusan Program Studi Pendidikan Informatika guna memenuhi kualifikasi akademik dalam menghadapi pasar kerja yang kompetitif.
  5. Meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Informatika yang memenuhi standar ilmiah.

 

Strategi :

  1. Menyusun dan melakukan peninjauan kurikulum secara periodik dan terstruktur untuk menyesuaikan perkembangan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pembangunan dan dunia kerja.
  2. Meningkatkan kemampuan dosen dalam penyusunan Silabus, RPS, Kontrak Kuliah, Bahan Ajar dan Karya Ilmiah.
  3. Meningkatkan   kemampuan   dosen   dengan   mengikuti   seminar ilmiah/lokakarya/penataran/workshop yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  4. Meningkatkan  kemampuan  dosen  melalui  tugas  belajar  dalam  bidang yang sesuai dengan Program Studi Pendidikan Informatika.
  5. Menyediakan dukungan pembiayaan dan media penulisan karya ilmiah, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  6. Meningkatkan sarana dan prasarana yang memadai untuk kegiatan akademik dan kemahasiswaan.
  7. Pengembangan program Pendidikan Profesi Guru (PPG).
  8. Pengembangan laboratorium Pendidikan Informatika berupa RPL, TKJ dan Multimedia serta labor Microteaching.
  9. Meningkatkan   kuantitas   dan   kualitas   kerjasama   dengan   berbagai lembaga, instansi pemerintah maupun swasta.

 

Profil Lulusan :                                

Untuk menguasai sejumlah kompetensi, yaitu :

  1. Menyiapkan dan menghasilkan lulusan Guru TIK yang berkualitas dan memiliki kompetensi di bidang, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL),  Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Multimedia (MLD)
  2. Menyiapkan dan menghasilkan lulusan yang ahli  di bidang RPL sebagai Sistem Analis dan Perancang Sistem Informasi yang handal,  membangun dan merancang  application software dengan metode analisis dan perancangan sistem informasi  menggunakan bahasa pemrograman, didukung oleh teknologi informasi terbaru untuk membantu manajemen (user) dalam menyelesaikan masalah industri atau  organisasi sesuai dengan perkembangan organisasi pengguna
  3. Menyiapkan dan menghasilkan lulusan sebagai Administrator server terintegrasi yang profesional, menguasai TKJ serta terampil mengelola dan menginstalasi perangkat komputer personal,  sistem operasi,  aplikasi,  mengkonfigurasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network), perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network) merancang sistem keamanan jaringan, mengadministrasi jaringan berbasis luas pada suatu industri atau organisasi pengguna.
  4.  Menyiapkan dan menghasilkan lulusan sebagai Animator, desainer grafis dan digital ilustrator yang kompetitif,  ahli dan  kompeten di bidang multimedia mulai dari media audio, video, teks, grafk, dan animasi, analisa konsep pengembangan desain, desain multimedia, manajemen produksi multimedia sebagai animator, web designer, videographer, art director, photographer, storyboarder, dan digital illustrator yang dapat melayani kebutuhan industri  atau organisasi pengguna.
Back to Top