Pameran Desain Grafis Informatika "Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa di era Digital"
  • 02/06/2020
  • 506 kali penayangan

Sabtu, 04 Januari 2020 bertempat di lapangan Kampus STKIP PGRI SUMBAR, Program Studi Pendidikan Informatika Menggelar Pameran Desain Grafis. Pameran tersebut bertema "Pameran Desain Grafis Tingkatkan Kreativitas Mahasiswa di era Digital" yang mana Kegiatan tersebut bertujuan untuk  Memanfaatkan peluang bisnis desain grafis, memamerkan karya-karya desain grafis mahasiswa Pendidikan Informatika serta memberikan dukungan kepada mahasiswa program studi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Sumatera Barat untuk berkarya dan dapat menjadi desainer yang profesional serta bersaing dalam menghadapi tantangan di era digital. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai penilaian akhir semester pada mata kuliah Desain Grafis semester ganjil 2019/2020.
Pameran ini memamerkan hasil karya Mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika khususnya angkatan 2018. Karya tersebut merupakan hasil dari tugas mata kuliah Desain Grafis selama satu semester. Karya yang dipamerkan antara lain desain kategori Printing (Percetakan), Desain Produk, serta Film/Trailer.
Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat Ibu Dr. Hj. Zusmelia, M.Si mengatakan sangat besar peluang bisnis pada keahlian bidang desain grafis ini,  apa lagi di era digital,  oleh karena itu, karya-karya mahasiswa ini harus dikembangkan dan dikemas lagi dengan baik serta untuk film pendek nanti bisa diadakan kegiatan yang melibatkan program studi informatika dari perguruan tinggi lainnya.
Wakil ketua bidang akademik ibu Sri Imelwaty, M.Pd., Ph.D saat berkunjung ke Stand pameran menyatakan bahwa "Apa yang sudah dihasilkan mahasiswa yang sangat kreatif ini patut diapresiasi. Suguhan karya-karya mereka yang tidak hanya indah, detail, namun juga aplikatif tampak segera menjurus pada bidang kerja".
 "Pameran ini merupakan ajang evaluasi, juga ajang kompetisi. Nanti, prodi juga akan berikan reward bagi mahasiswa yang karyanya terpilih sebagai karya terbaik berdasarkan penilaian juri. Hal ini akan menjadi penyemangat dan sekaligus bekal untuk para mahasiswa dalam terjun di dunia kerja nantinya. Pada sisi ini mahasiswa dituntut untuk mencari hal baru dan semakin kreatif." Jelas Ibu Sofia Edriati, S.Si., M.Pd selaku Ketua Prodi Pendidikan Informatika. Menurutnya pula, pameran ini baru perdana dilaksanakan. Rencananya kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin tahunan di Prodi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Sumatera Barat.
Bapak Satrio Junaidi, S.Pd., M.Kom dan Bapak Dony Novaliendry, S.Kom., M.Kom selaku dosen pengampu mata kuliah desain grafis yang mencetuskan ide kegiatan pameran ini mengaku sangat kagum dengan semangat dan kreativitas mahasiswa dalam mempersiapkan karya-karya desain mereka. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2018 yang berjumlah 112 orang. Seluruh desain mereka baik yang dikerjakan secara individu maupun kelompok dipamerkan di pameran desain grafis. Bapak Irsyadunas, S.Pd., M.PdT, Bapak Bernediv Nurdin, M.Pd dan Ibu Ami Anggraini Samudra, S.Pd., M.Sc selaku juri desain grafis memilih karya-karya desain terbaik dari seluruh desain yang dipamerkan.

Back to Top