WEBINAR E-SERTIFIKAT PKM "“Pelatihan Penggunaan E-Certificate Berbasis Web dengan Pengamanan Qr Code” di MTS-S Al Falah Kota Padang"
  • 01/05/2021
  • 165 kali penayangan

Dosen Prodi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Sumatera Barat kembali melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk virtual pada hari Senin, 21 Desember 2020 dengan tema “Pelatihan Penggunaan E-Certificate Berbasis Web dengan Pengamanan Qr Code” di MTS-S Al Falah kota Padang bersama Tim PKM dari Dosen  Bapak  Thomson Mary, M.Kom, Bapak Satrio Junaidi, S.Pd,. M.Kom  dan Bapak Anggri Yulio Pernanda, M.Kom, kegiatan ini diikuti oleh 112 peserta.

Thomson Mary, M.Kom selaku ketua pelaksana pengabdian kepada masyarakat (PKM) mengatakan Sertifikat yang didapatkan dengan online melalui acara-acara seminar yang berbasis webinar seharusnya dilengkapi dengan identitas yang mengamankan sertifikat tersebut dari duplikasi yang tidak sah. Hal ini disebabkan sebuah sertifikat menunjukkan sebuah kegiatan yang benar-benar telah dilaksanakan yang akan mendukung point-point penilaian, kenaikan pangkat, kenaikan jabatan, melamar pekerjaan dan sebagainya yang mesti mendukung keabsahan suatu sertifikat tersebut.

MTS-S Al Falah adalah sebagai Mitra dari kegiatan PKM ini, Adapun PKM ini adalah untuk membantu Mitra dalam menyelenggarakan seminar yang profesional dimana salah satu intinya adalah diperolehnya sertifikat yang sesuai dengan standar keamanan dan keabsahannya yang layak digunakan untuk berbagai keperluan administrasi seperti : penilaian angka kredit, usulan kepangkatan, melamar pekerjaan hingga usulan kenaikan jabatan di perusahaan dan lembaga kependidikan.

Selain MTS-S Al Falah sebagai mitra PKM, Kegiatan ini juga diikuti oleh berbagai Instansi seperti Pemko Padang, IAIN Batusangkar, MAN Purbalingga, STTIND Padang, IAI Nusantara Batang Hari, Pemerintah Desa Batang Kabung, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Politeknik ATI Padang, SDN 6 Panyakalan, PT. SAT, SDN 11 VII koto sungai sariak, SMAN 1 Batam, SMAN 2 Kota Pinang, SMAN 5 Batam, SMKN 1 Solok Selatan, SMPN 6 Pelalawan, Solidpro Digital Percetakan, SPNF SKB Sawahlunto, UIN Imam Bonjol,  Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat, UPTD SMPN 1 Suliki, UPI YPTK Padang, UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif Dinas Pendidikan Kota Padang terdiri dari Guru, Dosen, Pegawai Negri dan Swasta, Mahasiswa dan Pelajar, Wiraswasta.

Aplikasi yang dibuat oleh tim PKM ini diberikan secara gratis untuk mitra PKM yaitu MTS-S Al Falah Kota Padang agar dapat mereka manfaatkan dengan sebaiknya.

Kesan dalam PKM ini dari peserta: Ibu Elmawati, M.Kom – Dosen STTIND mengatakan “PKM dari STKIP PGRI Sumbar dan tim  ini selalu menarik dan 2 jempol untuk STKIP PGRI Sumatera Barat

Dari Mitra MTS-S Al Falah Kota Padang juga mengatakan ”kepraktisan aplikasi ini sangat mudah untuk dimengerti dan diterapkan, kami sangat bersyukur dapat diterapkan dan bantu oleh Tim PKM untuk aplikasi ini pada Sekolah. Dan peserta lainnya juga mengatakan “agar PKM seperti ini terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk PKM berikutnya”.

https://youtu.be/_c2p2N0gyas

Back to Top